Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara mengirim barang ke luar kota lewat JNE

CiledugMedia.com - Mengirim barang ke luar kota memang tidak selalu mudah, terlebih jika Anda tidak memiliki pengalaman dalam pengiriman barang. JNE, sebagai salah satu jasa ekspedisi terpercaya di Indonesia, dapat menjadi solusi untuk mengirim barang ke luar kota.

Cara dan prosedur kirim paket barang ke luar kota lewat JNE

Cara mengirim barang ke luar kota lewat JNE

Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengirim barang ke luar kota lewat JNE.

1. Persiapkan barang yang akan dikirim

Sebelum mengirim barang, pastikan untuk mempersiapkan barang dengan baik. Pastikan barang tersebut dalam kondisi baik dan aman untuk dikirim. Selain itu, pastikan pula barang sudah di packing dengan baik. Kemas barang dengan bahan packing yang aman dan kuat seperti bubble wrap atau styrofoam.

2. Cari informasi tentang tarif pengiriman

Setelah barang sudah siap, Anda perlu mencari informasi tentang tarif pengiriman JNE. Cek tarif pengiriman JNE melalui website resminya, atau melalui aplikasi yang tersedia di smartphone Anda. Pilih jenis layanan pengiriman JNE yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan pastikan tarif yang tertera sudah sesuai dengan berat barang yang akan dikirim.

3. Pilih jenis layanan pengiriman

JNE memiliki beberapa jenis layanan pengiriman yang dapat Anda pilih. Di antaranya adalah JNE Oke, JNE Regular, JNE Yes, dan JNE Trucking. JNE Oke merupakan layanan pengiriman dengan tarif paling ekonomis, namun waktu pengirimannya lebih lama dibandingkan dengan jenis layanan JNE lainnya. JNE Regular merupakan layanan pengiriman reguler dengan waktu pengiriman lebih cepat dibandingkan dengan JNE Oke. JNE Yes adalah layanan pengiriman yang paling cepat namun memiliki tarif yang lebih mahal. Sedangkan JNE Trucking merupakan layanan pengiriman barang dalam jumlah besar dengan kapasitas yang lebih besar dari jenis layanan JNE lainnya.

4. Buat label pengiriman

Setelah memilih jenis layanan pengiriman, Anda perlu membuat label pengiriman. Label pengiriman harus berisi informasi penerima barang, alamat tujuan, dan nomor telepon yang dapat dihubungi. Pastikan label pengiriman ditulis dengan jelas dan mudah dibaca.

5. Antar barang ke kantor JNE terdekat

Setelah semua persiapan selesai, bawa barang ke kantor JNE terdekat untuk proses pengiriman. Pastikan untuk menyerahkan barang ke petugas JNE, kemudian tunjukkan label pengiriman yang sudah dibuat sebelumnya.

6. Pantau status pengiriman barang

Setelah barang dikirimkan, Anda dapat memantau status pengiriman barang melalui website resmi JNE atau aplikasi yang tersedia di smartphone Anda. Anda dapat melihat status pengiriman barang dari awal hingga barang sampai di tujuan.

Demikianlah cara mengirim barang ke luar kota lewat JNE. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat mengirim barang dengan mudah dan aman. Pastikan untuk memilih jenis layanan pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan jangan lupa untuk memantau status pengiriman barang sampai tiba di tujuan.